IBX595E1CDF89549 Daftar Tips Menyiapkan Bulan Madu Secara Matang - Gabo-i.com

Breaking

Minggu, Januari 15, 2017

Daftar Tips Menyiapkan Bulan Madu Secara Matang

Setiap pasangan pasti ingin berbulan madu. Walaupun bukan kewajiban, bulan madu bisa menjadi sarana bersantai yang tepat setelah menjalani ribetnya acara resepsi pernikahan. Bukan tidak mungkin, bulan madu yang indah akan semakin mempererat hubungan suami istri hingga di hari tua nanti.
Beberapa hal perlu dipersiapkan sebelum berangkat. Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk merencanakan sesuatu. Sebagai referensi, berikut kami sajikan daftar tips mempersiapkan bulan madu secara matang.
1.     Diskusikan Bersama
Source: Jim Pennucci – flickr.com
Pernikahan bertujuan untuk menyatukan dua pribadi berbeda menjadi kesatuan yang utuh. Setelah menikah, segala permasalahan hidup sebisa mungkin harus bisa diselesaikan melalui kerja sama antara kedua pihak. Tidak terkecuali dalam merencanakan bulan madu. Ini bisa menjadi pelatihan paling awal bagi pasangan baru, sebelum menjalani hidup bersama.
Diskusikan segala hal yang terkait dengan bulan madu. Mungkin akan ada perbedaan pendapat dalam memilih tujuan, penginapan, dan hal lainnya. Itu sudah biasa, semua akan bisa diselesaikan jika suami istri mau bermusyawarah. Tentunya keputusan yang diambil harus bisa mengakomodasi keinginan masing-masing individu.
Bila perlu, konsultasikan pada orang tepercaya, misalnya orang tua atau kerabat dekat. Prioritaskan untuk meminta pendapat kepada orang yang pernah berbulan madu. Pengalaman mereka akan berguna sebagai referensi buat Anda.
2.     Tentukan Anggaran Perjalanan
Source: Gunnar Wrobel
Bulan madu memang penting. Tapi ingat, hal itu bukan prioritas utama buat pengantin. Setelah menikah, pengantin baru harus lebih jeli memikirkan rencana jangka panjang. Kebutuhan pasti meningkat, pengeluaran juga akan bertambah banyak. Belum lagi jika pasangan belum memiliki tempat tinggal. Perlu dianggarkan tabungan untuk membeli rumah beserta perabotnya. Nantinya, kebutuhan harian akan semakin tinggi ketika sudah dikaruniai momongan. 
Karenanya diperlukan kehati-hatian dalam menentukan anggaran bulan madu. Pilih tujuan yang rasional, sesuaikan dengan kemampuan kantong. Usahakan tidak terlalu muluk-muluk. Jika memang destinasi yang diinginkan belum bisa dikunjungi, barangkali bisa diwujudkan di lain waktu.
Menentukan anggaran biaya adalah faktor penentu rencana bulan madu. Jika anggaran sudah ditentukan, hal-hal lain akan mengikuti dengan sendirinya. Anda tinggal menentukan tujuan, transportasi yang digunakan, lalu mencari dan mem-booking hotel sesuai dengan bujet yang Anda miliki.
3.     Waktu Keberangkatan
Source: Victoria Reay - flickr.com
Idealnya, bulan madu masih dalam satu rangkaian acara pernikahan. Karena tidak akan mengganggu aktivitas suami istri yang masih bekerja sebagai karyawan.
Di beberapa perusahaan, cuti nikah biasanya bisa diambil selama seminggu penuh. Namun ada juga perusahaan yang memiliki kebijakan berbeda. Sekali lagi, Anda harus mengaturnya dengan jeli.
Tidak ada aturan baku mengenai kapan tepatnya melaksanakan bulan madu. Semua bisa diatur dan disesuaikan dengan keadaan. Tapi ada satu keuntungan dari merencanakan bulan madu jauh-jauh hari. Anda bisa mendapatkan harga booking hotel yang murah, jika melakukan pemesanan sebulan sebelumnya.
Apabila Anda mendapat jatah cuti nikah selama seminggu, mungkin perjalanan bisa dilakukan pada akhir masa cuti. Atau bila Anda tidak mau terburu-buru, sepertinya bulan madu masih bisa ditunda. Dengan catatan Anda bisa mengambil jatah cuti lagi di bulan berikutnya, atau menunggu sampai ada liburan panjang di akhir pekan.
4.     Destinasi Bulan Madu
Source: Tilemahos Efthimiadis - flickr.com
Tujuan wisata seperti apakah yang Anda inginkan untuk berbulan madu? Sepertinya tempat romantis macam Venice, atau Paris akan menjadi tujuan menarik. Tapi sekali lagi, pilihlah destinasi sesuai kesepakatan kedua pihak.
Pertimbangkan juga bujet yang telah Anda anggarkan sebelum menentukan destinasi bulan madu. Kemudian segeralah mencari lokasi penginapan. Jika tidak memiliki banyak referensi, Anda bisa mengunjungi Traveloka.com. Traveloka akan memberikan banyak pilihan bagi Anda. Bahkan Anda bisa langsung mem-booking hotel yang Anda kehendaki.
5.     Alat Transportasi
Source: mSeattle - flickr.com
Dalam menyusun rencana perjalanan bulan madu, alangkah baiknya jika Anda juga memutuskan alat transportasi yang akan digunakan. Apakah Anda akan menempuh perjalanan darat, menumpang pesawat, atau bahkan lewat laut.  Hal ini sering dianggap sepele, padahal saat menempuh perjalanan bisa juga menjadi sarana untuk semakin mendekatkan suami istri.
Barangkali istri Anda suka mabuk laut, udara, atau tidak kuat jika harus duduk berlama-lama di dalam bis atau kereta. Hal tersebut harus Anda perhatikan. Sebelum membuat keputusan, terlebih dulu pertimbangkan unsur keselamatannya, jarak dan waktu tempuh, serta kemampuan finansial Anda.
Sebagian orang tidak suka berlama-lama di perjalanan, sehingga memutuskan untuk menggunakan pesawat terbang. Apakah Anda juga termasuk? Jika iya, Traveloka bisa membantu Anda memperoleh tiket pesawat yang diinginkan.
6.     Rencanakan Kegiatan
Source: Justin Vidamo - flickr.com
Setelah semua hal penting telah ditentukan, kini saatnya Anda merencanakan aktivitas yang akan dilakukan selama berbulan madu. Anda tentu tidak ingin acara bulan madu Anda membosankan, bukan?
Maka dari itu, buatlah jadwal kegiatan selama bulan madu. Mulai dari objek wisata yang akan dikunjungi, kuliner khas apa yang patut dicoba di tempat tujuan, sampai oleh-oleh yang akan dibawa pulang. 
Selipkan juga acara romantis di sela-sela momen indah ini. Anda bisa mengajak istri makan malam romantis di restoran. Bila perlu, siapkan juga kejutan spesial untuknya agar momen indah ini menjadi tidak terlupakan.
Jangan lupa untuk mengabadikan setiap aktivitas selama perjalanan ke dalam foto atau video. Nantinya foto dan video tersebut bisa dikumpulkan, atau dikompilasi sebagai kenang-kenangan.  
Bagi pasangan yang berjiwa petualang, daftar tips di atas sepertinya tidak akan berguna. Bulan madu spontan akan terasa lebih menantang. Akan ada banyak hal tidak terduga yang bisa ditemui.
Tapi untuk urusan booking hotel, sebaiknya dilakukan lebih awal agar tidak kehabisan kamar. Karena jika Anda hanya memiliki dana terbatas, akan sulit mendapat kamar hotel pada waktu-waktu tertentu, terutama di musim liburan.

1 komentar: