Breaking

Kamis, Januari 12, 2017

Mengapa Dalam Perceraian Membutuhkan Seorang Pengacara?

Dalam mempertahankan sebuah hubungan suami istri, dibutuhkan kerja sama yang baik untuk membuat suatu hubungan pernikahan berhasil. Tidak hanya itu, akan tetapi juga dibutuhkan penyesuaian, saling menghormati satu sama lain, saling menghargai, dan juga saling mencintai. Jika semua hal tersebut sudah tidak ada lagi dalam hubungan suami istri, bisa saja kedua belah pihak memutuskan untuk bercerai walaupun ketika seseorang memutuskan untuk menikah dengan pasangannya tidak pernah terpikirkan untuk bercerai dikemudian harinya. Ketidak seimbangan atau pun ketidaksetaraan menjadi pemicu lainnya yang membuat orang melakukan perceraian. Kesenjangan dari tanggung jawab untuk faktor ekonomi pun dapat termasuk dalam ketidaksetaraan. Apabila hal ini tidak bisa dengan segera ditemukan solusinya, maka hubungan bisa berada dalam bahaya.
Ada banyak sekali penyebab perceraian di Indonesia yang dapat menyebabkan pasangan akhirnya memutuskan untuk bercerai seperti halnya:
1.      Masalah ekonomi
2.      Perselingkuhan
3.      Tidak sesuai dengan kriteria
4.      Salah satu pasangan terlalu sibuk dengan pekerjaan
5.      Perbedaan
6.      Pernikahan yang terlalu dini
7.      Perubahan budaya
8.      Kurangnya komunikasi
9.      Kurangnya kepercayaan antar pasangan
10.  Kurang perhatian
11.  Kekerasan dalam rumah tangga
12.  Masalah nafkah batin
Perceraian merupakan salah satu masalah yang banyak terjadi bukan hanya di negara kita melainkan di seluruh dunia. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan sehingga minat untuk melanjutkan hidup berdampingan menjadi hilang. Perceraian akan dianggap sah ketika melalui prosedur yang telah ditetapkan oleh negara. Ketika perceraian terjadi, ada banyak sekali hal yang harus dibicarakan antara pasangan seperti pembagian harta yang diperoleh selama pernikahan mulai dari perabotan rumah, rumah, mobil dan lain sebagainya.
Hal yang harus dibicarakan lainnya adalah bagaimana hak asuh anak-anak kedepannya serta biaya sekolah ataupun biaya perawatan mereka. Perceraian bukanlah hal yang baik dalam suatu hubungan pernikahan. Selain itu, perceraian juga bukan solusi akhir atas masalah yang tengah dihadapi melainkan menambah beban baru yang berbeda. Untuk itu sebelum memutuskan untuk melakukan perceraian sebaiknya berunding dulu baik dan tidaknya dalam melakukan perceraian itu. Dan tempat yang tepat untuk merundingkan hal tersebut adalah pengacara perceraian dengan sertifikat legal profesi pengacara.
Jika anda akan menghadapi sidang untuk kasus perceraian, baik di Pengadilan Negeri maupun Pengadilan Agama, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui.
1.      Mendapatkan nasehat hukum
Jika anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai hukum, ada baiknya anda meminta nasehat hukum dari seorang pengacara, konsultan hukum atau orang yang sudah berpengalaman. Jangan menganggap remeh persoalan yang anda hadapi, meskipun kasus yang anda hadapi tidak terlalu rumit, karena konsekuensi hukum yang anda hadapi nantinya mengikat dan bersifat memaksa. Oleh karena itu, jangan menunda sampai saat-saat terakhir putusan hakim akan dijatuhkan atau saat posisi anda sudah terjepit.
2.      Beberapa hal yang penting untuk ditanyakan
Banyak hal yang dapat anda tanyakan kepada pihak-pihak yang lebih mengetahui tentang proses hukum, antara lain tentang:
      Hal-hal yang harus dipersiapkan, jika anda mewakili diri sendiri dalam sidang
      Mendiskusikan tentang penyebab/alasan mengapa anda memutuskan bercerai dengan suami anda
      Bila anda memakai jasa pengacara (kuasa hukum) di pengadilan, apakah hal itu akan berpengaruh pada putusan hakim?
      Biaya yang harus dikeluarkan, jika anda memakai jasa pengacara (kuasa hukum)
      Garis besar proses hukum yang akan anda hadapi di pengadilan
      Lama waktu yang dibutuhkan untuk proses hukum kasus yang anda hadapi
Sebelum meminta nasehat hukum, sebaiknya anda menyiapkan terlebih dulu surat-surat penting mengenai kasus anda (antara lain: surat nikah asli dan fotokopinya yang telah dibubuhi materai, fotokopi akta kelahiran anak yang dilegalisasi di kantor pos, fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga,dll).
Biasanya kasus perceraian disertai pula dengan masalah pembagian harta gono-gini, sebaiknya anda juga menyiapkan surat-surat yang terkait dengan dengan harta benda perkawinan seperti akta jual-beli, sertifikat, kwitansi, bon jual-beli, surat bukti kepemilikan dan semacamnya. Hal ini untuk memudahkan anda dan penasehat hukum anda memahami persoalan hukum yang sedang anda hadapi.
3.      Dimana anda bisa mendapatkan nasehat & bantuan hukum?
Anda dapat meminta nasehat hukum dari seorang konsultan hukum atau pengacara, dengan kebebasan memilih untuk didampingi/tidak oleh mereka dalam sidang pengadilan nanti.
StarOfService dengan daftar lengkap pengacara perceraian handal di setiap kota sehingga anda bisa mendapatkan pengacara perceraian dengan kriteria yang anda inginkan, dan dilengkapi dengan sertifikat legal profesi pengacara dan pengalaman dalam bidang hukum perceraian dapat membantu anda menyelesaikan permasalahan dalam proses perceraian anda. Mudahkan segala urusan perceraian anda dengan dibantu oleh pengacara yang terdaftar di platform StarOfService.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar