IBX595E1CDF89549 Mengenal Fungsi Utama Oli Motor - Gabo-i.com

Breaking

Sabtu, Juli 22, 2017

Mengenal Fungsi Utama Oli Motor

Jika bisa diibaratkan, oli adalah minuman bagi mesin sepeda motor. Dimana bensin adalah makanannya. Makanan dan minuman motor ini diperlukan untuk menunjang fungsi motor itu sendiri, yakni untuk dikendarai. Mengantarkan kita untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Maka dari itulah, walaupun mengganti oli motor tidak dilakukan sewaktu-waktu layaknya mengisi bensin, tetapi harus benar-benar diperhatikan jika ingin motor kita berfungsi maksimal. 

Jika sepeda motor hanya di isi bensin saja, tanpa di isi dengan oli motor terbaik, maka motor tidak akan berfungsi dengan baik. Salah satu hal yang dirasakan adalah motor tidak akan berjalan dengan mulus, akan ada efek kasar pada suara motor dan tidak bisa berjalan dengan lancar, bahkan bisa jadi motor akan mogok karena kehabisan oli. 

Jangan sampai kita merasakan mendorong motor dari tempat yang jauh karena kehabisan oli. Bahkan ditambah lagi dengan motor harus masuk bengkel dalam waktu yang lama karena harus turun mesin. Maka dua kali lipat kesusahan yang akan kita rasakan. Ditambah lagi motor kita adalah motor matic, kerusakan sedikit saja akan membuat motor menjadi rusak parah karena merembet pada bagian-bagian motor matic yang lainnya. Alhasil tidak enak dikendarai dan tidak bisa dijual, karena harganya akan sangat murah. 

Maka dari itulah, jangan sampai kita mengabaikan perawatan sepeda motor. Dengan rutin mengganti oli sepeda motor, maka akan mengurangi resiko kerusakan sepeda motor. Pilihlah oli motor matic yang paling berkualitas, sehingga akan menambah nilai plus perawatan motor kita. 

Mengenal fungsi utama oli motor
Inilah alasan mengapa mengganti oli motor terbaik sangatlah penting :

Oli berfungsi untuk mengurangi gesekan pada mesin
Seperti layaknya benda yang bergerak di daratan. Ada gaya gesek yang menyertai perpindahannya. Begitu pun dengan prinsip kerja mesin sepeda motor. Sepeda motor bisa digunakan untuk menggerakkan sepeda motor juga dengan memanfaatkan gaya gesek. Akan ada gesekan-gesekan antar mesin sehingga membuat motor menyala dan bisa dikendarai. 

Salah satu dampak buruk dari gesekan adalah aus, sehingga benda yang bergesekan itu akan semakin halus permukaannya atau bahakn semakin kecil, semakin habis sampai gaya gesek tidak bisa terjadi lagi. Maka dari itulah diperlukan oli motor untuk mengurangi gaya gesek pada mesin yang menyebabkan mesin panas dan mudah kotor. 

Oli berfungsi sebagai pendingin
Inilah yang paling utama. Oli motor berfungsi untuk mendinginkan mesin yang panas. Panas yang dihasilkan oleh silinder mesin dan gaya gesek mesin motor saat digunakan. Jika terlalu panas akan mengurangi performa sepeda motor. Maka dari itulah pemilihan oli motor matic yang terbaik harus dipilih, yakni salah satunya adalah Oli Federal Matic yang 2x Lebih Efektif, 2x Lebih Kencang, 2x Lebih Bandel.
Oli berfungsi sebagai perapat
Fungsi ini dimaksudkan bahwa oli berfungsi untuk merapatkan celah-celah antara piston dan silinder pada mesin, sehingga akan mencegah kebocoran kompresi pada mesin sepeda motor. 

Oli berfungsi sebagai pembersih mesin
Karena setiap hari digunakan, maka mesin akan cepat panas dan cepat kotor. Jika mesin kotor, maka performanya menurun. Untuk membersihkan mesin yang kotor, penggantian oli yang teratus harus dilaksanakan. 

Masih banyak fungsi oli motor yang perlu kita ketahui, yakni sebagai peredam suara dan getaran mesin motor serta sebagai anti karat. 

Sangat banyak peran atau fungsi oli untuk motor, entah jenis motor apapun. Sehingga sangat diharuskan bagi kita untuk memilih oli motor terbaik untuk hasil yang terbaik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar