IBX595E1CDF89549 Mengenal Lebih Jauh Festival Pesona Selat Lembeh - Gabo-i.com

Breaking

Selasa, Oktober 03, 2017

Mengenal Lebih Jauh Festival Pesona Selat Lembeh

Jika kamu gemar menyelam, pastinya Bitung selalu ada dalam daftar tujuan karena di sana terdapat 95 titik penyelaman yang berada di Selat Lembeh. Untuk menuju Bitung, kamu harus menggunakan pesawat dengan tujuan Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado. Sedangkan untuk akomodasinya di Kota Bitung terdapat hotel dengan bintang tiga tertinggi. Lebih baik kamu memesan tiket dan akomodasi sekaligus melalui satu layanan misalkan reservasi.com melalui situs atau aplikasinya. Salah satu waktu terbaik untuk mengunjungi Bitung adalah saat Festival Pesona Selat Lembeh yang biasanya dilaksanakan pada 6-10 Oktober 2017. Hal apa sih yang akan kamu dapatkan ketika festival itu berlangsung, berikut ini ulasannya:

Ada Apa di Festival Pesona Selat Lembeh?

Festival ini telah digelar selama sembilan tahun tepatnya sejak 2009. Festival yang berlangsung selama lima hari ini mulanya ditujukan untuk ucapan syukur yang dilakukan komunitas nelayan Kota Bitung. Seperti kita tahu bahwa Kota Bitung terkenal dengan perikanan-nya dan masih terjaga keasriannya. Salah satunya ditunjukkan dengan dijadikannya temapt ini sebagai habitat dari berbagai burung, reptil, mamalia, dan burung yang berada di Taman Nasional Tangkoko. Baru beberapa tahun ini, Festival Pesona Selat Lembeh ini didukung oleh pemerintah untuk mendukung promosi Bitung dengan tagline B3 5P “Bitung Bahari Berseri: Pesona Bahari, Pesona Flora, Pesona Fauna, Pesona Industri, Pesona Budaya.” Saat festival berlangsung, ribuan wisatawan bisa datang ke sini. Nah, jika kamu berencana untuk mengunjungi Kota Bitung lebih baik segera pesan tiket penerbangan menuju Manado, kamu dapat memesannya melalui reservasi.com untuk mendapatkan harga promo. 

Festival Pesona Selat Lembah dikemas dalam berbagai acara di antaranya: 
Marathon Run: Lomba lari sepanjang 20 kilometer ini biasanya diadakan hari ke-2 dan selalu menarik peserta hingga 30 ribu. Saat lomba lari berlangsung, berbagai pertunjukkan budaya dan seni lainnya pun digelar. 

Sailing Pass

Acara ini sekaligus menjadi ciri khas dari Festival Pesona Selat Lembah. Parade Perahu ini akan menampilkan berbagai jenis kapal seperti perahu hias, perang, dan dan kapal perang.

Pergelaran Seni

Hari terakhir Festival Pesona Selat Lembah menyajikan menampilkan pertunjukan seni seperti tarian tradisional khas Bitung yakni tari perang Kabasaran hingga tari cakalang. 

Thanksgiving Day

event Thanksgiving kali ini berbeda. Setiap agama atau etnis bisa merayakannnya sebagai bentuk rasa syukur. 
Umumnya, Thanksgiving ini akan mengundang warga yang di luar Bitung untuk datang. Berbagai olahan makanan seperti tuna rolls dan nasi jaha isi tuna. Di sela-sela makan, tamu akan bernyanyi dan juga menari. 

Pertunjukkan Seni

Pada hari terakhir kegiatan festival ini akan ditutup dengan menampilkan berbagai pertunjukkan seni budaya seperti pertunjukkan musik Kaleyan dan Makarunyen, hingga pertunjukkan tari tradisional Bitung seperti Tari Perang Kabasaran hingga tari cakalang yang dinamis.

Festival Kuliner    

Gelaran yang satu ini paling dinantikan oleh wisatawan karena tidak harus pergi ke satu warung atau toko untuk mencicipi kuliner khas Bitung. Berbagai olahan makanan khas Bitang mulai dari nasi woku, sashimi ala Bitung, dan olahan berbahan dasar ikan khas Sulawesi Utara bisa kamu cicipi di sini. 

Cara Menuju Festival Pesona Selat Lembah

Untuk menuju Selat Lembah, kamu harus terlebih dulu menuju Manado. Harga tiket ke Manado tepatnya Bandara Sam Ratulangi berada pada Rp1.133.000,- tapi kamu masih bisa mendapatkan harga yang lebih murah dengan memesan di reservasi.com. Setibanya di Kota Manado, kamu dapat langsung menuju ke Dermaga Ruko Pateten kemudian melanjutkan dengan naik perahu kurang lebih Rp15.000 per orang. Jika belum menemukan penginapan, sebaiknya kamu temukan cek promo hotel terbaru. Namun, saat memesan hotel pastikan kembali apakah kamu bisa mendapatkan jemputan atau tidak menuju Selat Lembeh. 

Selain lewat pesawat, kamu bisa menggunakan kapal milik PT Pelni meskipun harganya lebih murah tapi waktu tempuhnya lebih lama dibandingkan pesawat yakni empat hari perjalanan laut. Jika lelah selama di perjalanan laut, kamu bisa beristirahat terlebih dulu di hotel. Untuk menekan bujet kamu bisa cek promo harga terbaru. 

Dari Pelabuhan Lembeh, kamu dapat melanjutkan dengan ojek harganya mulai dari Rp10.000 hingga Rp15.000 tergantung jarak. Untuk berkeliling Pulau Lembeh, kamu bisa menggunakan perahu nelayan atau motor jika ingin keliling di darat. Untuk menyewa perahu nelayan sela tiga hingga empat jam, kamu harus mengeluarkan kocek mulai dari Rp300.000 hingga Rp400.000,- 

Ketika melancong ke Pesona Selat Lembeh saat berlangsung Festival pada bulan Oktober dan Maret siap-siaplah dengan suhu perairan yang mencapai 28 hingga 29 derajat celcius. Selain Festival Pesona Selat Lembeh pada saat itu kamu juga bisa melihat biota laut dengan jelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar